TwitterTwitter FacebookFacebook FlickrFlickr RSSRSS

Tuesday, July 25, 2006

Today is 'selasa' day

Seperti biasa....*bingung*...gak tau mau nulis apaan.. Kemaren gw dikasih tau sama bos gw kalo berapa hari lagi gw bakalan dipindahin. Yang tadinya gw standby disini...di rumah sakit, terpaksa harus pindah, dengan maksud dan tujuan membuat dokumentasi disana. Yahhh....kurang lebih 2 bulanan.. Gw juga belum tau gimana 'medan' kerja gw nanti disana.. Yang pasti, gw harap, tempatnya nyaman dan tenang, biar enak buat tidur...*busseett!!!* Dan satu lagi, moga-moga aja ada koneksi internetnya.. *uhhuui..*

Ngomong-ngomong soal blog, blog gw ini jarang banget gw isi, hampir sebagian isinya gw ambil dari postingan orang laen di blognya masing-masing. Maka dari itu, melalui blog gw ini, gw mau ngucapin banyak-banyak terima kasih buat para blogger yg tidak bisa saya sebutkan satu persatu.. Tapi..wait.., tunggu dulu.., mungkin gw masih inget namanya....bentar ya....mmmm.......mmmmmmm.. Ok, yang pertama buat kang arjuna (your blog is great man...), mas benny chandra (isi blognya..mantap...) dan masih banyak lagi yang mungkin gw lupa atau gak inget.....*maaf yah..*

That's it....gitu aja dulu...
Gw mau ngelanjutin acara browsing-browsingnya..


Wednesday, July 19, 2006

Susahnya jadi hantu cewek di film Jepang..


Setelah memperhatikan beberapa film Jepang yang serupa, didapatlah kesimpulan ini:
Jadi hantu film jepang itu susah. Berikut ini adalah syarat yang harus kamu penuhi kalo kamu mau jadi hantu-nya film Jepang...

Bagian 1: Penampilan

Harus punya rambut panjang

Minimum panjangnya sepinggang, kurang dari itu kurang serem. Rambutnya jugaharus lurus danhitam (nggak boleh keriting atau warna lain), rambutnya juga harus mengkilap. Rambutnya harus sering rontok supaya meninggalkan jejak yang menakutkan.

Waktu mati, usahakan pake gaun putih

Biasanya hantunya selalu memakai gaun yang dipakai waktu mati. Meskipun bisa melakukan banyak hal (seperti menggerakkan benda atau memunculkan aneka hal aneh lain), nggak boleh ganti gaun dengan yang lain. Oh iya, kulit juga harus putih biar kesan seramnya tambah terasa.

Meskipun cantik,harus muncul dalam keadaaan sejelek mungkin. Kalo mau jadi hantu, semasa hidupmu harus cantik (dan muda). Tapi waktu jadi hantu (bagaimanapun juga kamu meninggal), harus selalu tampil dalam kondisi seseram mungkin.

Mata

Mata harus besar dan tajam (sepertinya kemampuan membesarkan dan memperseram
mata bisa diperoleh setelah mati, karena waktu hidup sebagian hantu matanya kecil).

Bagian 2: Kemampuan

Harus bisa mengendalikan rambut

Meskipun tidak ada otot yang dapat menggerakkan rambut, kamu harus bisa menggerakkannya, entah dengan kemampuan telekinetik, atau yang lain.Selain menggerakkan rambut, kamu juga harus bisa memperpanjang atau memperpendek
rambut.

Bisa muncul di mana saja

Supaya seram,kamu harus bisa muncul bagi korbanmu di mana saja, termasuk juga dipantulan kaca mobil, di cermin, di televisi, bawah tempat tidur, bawahs elimut, dan lain-lain. Sewaktu korban naik lift, kamu harus bisa muncul disetiap lantai ketika sang korban lewat.

Kamu juga harus bisa bergerak mengejar korban di tangga darurat, karena–entah kenapa – ini tempat favorit korban untuk melarikan diri.

Menguasai teknologi tinggi

Telepon/handphone,fax,video, komputer harus kamu kuasai. Hal-hal yang kompleks seperti mengacaukan timecode rekaman juga patut dikuasai (terutama jika ingin membunuh orang yang menonton videomu). Menirukan suara orang juga perlu dilakukan (terutama ketika menelpon korban).

Menampilkan gambardi layar komputer – di tengah-tengah apapun yang sedang dilakukan korban– adalah hal penting. Meskipun sulit untuk mengkonstruksi gambar dengan mengendalikan elektron di layar (*), kamuharus bisa melakukannya. Lalu kamu juga perlu bisa melakukan efek menakjubkan berubah dari bentuk elektron (di layar tv atau komputer) ke bentuk nyata (seolah-olah keluar dari layar monitor). Ya,memang jauh lebih mudah menghilang tanpa efek yang rumit seperti hantu film Indonesia, tapi percayalah itu akan lebih keren.

(*)Mungkin kamujuga harus mempertimbangkan kursus pemrograman untuk bisa lebih mudah menampilkan gambar dan membuat efek komputer yang lebih baik. Tapi kamu juga harus tahu mikroposessor untuk bisa memasukkan program itu ke dalam komputer yang sedang berjalan.

Bersuara

Untuk menandai kedatangan Anda, Anda harus memilih sebuah suara,misalnya suara teriakan, suara orang bersendawa tiada henti, atau suara kayu yang berderak.

Bagian 3: Sifat/Kelakuan

Harus punya alasan untuk membunuh orang

Alasannya terserah,mungkin setiap orang yang datang ke rumahmu (the grudge),yang menonton videomu (the ring), yang menerima telponmu (the phone, eh ini film jepang juga bukan ya??) atau apapun.

Harus iseng

Meskipun bisa membunuh kapan saja, kamu harus menakut-nakuti korbanmu sampai bosan,dan menakut-nakutinya harus dengan efek yang menakjubkan (lihat bagian:kemampuan)

Kejam tapi suka bernostalgia

Kamu harus bisa membunuh dengan kejam tanpa ekspresi, dan harus tega membunuh siapapun. Sesekali harus ada korban yang diberitahu apa yang membuatmu memulai membunuhi orang. Setelah itu orang itu juga harus dibunuh.

(http://crawls.archive.org/tsunami/20050114193027/
http://crawls.archive.org/tsunami/20050114193027/
http://blog.compactbyte.com/)

Tuesday, July 11, 2006

Italia Juara, Bukti Mitos 12 Tahunan..

Babak final PD 1994 merupakan partai final pertama sepanjang sejarah final Piala Dunia yang harus diakhiri lewat adu tendangan penalti. Saat itu, publik Italia mengenangnya sebagai tragedi Roberto Baggio yang gagal menaklukkan Claudio Taffarel. Azzuri pun kalah 2-3 setelah bermain 0-0 selama 120 menit.

Kini, babak final PD 2006 kembali harus diakhiri lewat adu tendangan “dua belas langkah”. Kali ini, Italia mampu membuktikan mereka punya mental baja. Semua algojo yang disiapkan Marcello Lippi terbukti mulus dalam mengeksekusi tendangan penalti. Sementara, di kubu Les Bleus, hanya striker Juventus David Trezeguet yang kurang beruntung, tendangannya membentur mistar atas meski Gianluigi Buffon salah membaca arah bola. Italia unggul 5-3 setelah sebelumnya bermain sama kuat 1-1 selama 120 menit. Dua gol tercipta di babak pertama, masing-masing hasil tendangan penalti Zinedine Zidane di menit ke-7 dan sundulan Marco Materazzi di menit ke-19.

Keberhasilan ini juga membuktikan mitos 12 tahunan yang berlaku bagi Italia. Setelah mampu tampil di final PD 1970 dan kalah dari Brasil, Azzurri kembali tampil di final 1982 dan juara setelah mengalahkan Jerman. 12 tahun kemudian, Italia kembali masuk final PD 1994. Tapi, lagi-lagi tersingkir dari Brasil. Kini, mereka kembali ke babak pamungkas PD 2006, dan kembali tampil sebagai juara.

Kekalahan bagi Prancis kian menyesakkan, setelah Zinedine Zidane yang sebelumnya mampu tampil gemilang selama 110 menit, harus kehilangan kontrol emosinya, dan menanduk defender Azzurri, Marco Materazzi. Atas sikap kasar dan sangat memalukan itu, Zidane diganjar kartu merah oleh wasit Horacio Elizondo (Argentina). Akhir yang sangat menyedihkan bagi seorang Zidane yang telah menyatakan akan pensiun dari pentas internasional pasca PD 2006.

Dalam pertandingan pamungkas ini kedua tim kembali menurunkan komposisi the winning team saat berjaya di babak semifinal. Di awal babak pertama, Prancis mengejutkan dengan berhasil mencuri gol terlebih dahulu. Proses gol itu sendiri cukup kontroversial. Akselerasi Florent Malouda ke kotak penalti dihadang Materazzi. Memang terjadi kontak tapi sangat tipis dan terkesan Malouda melakukan diving . Wasit Elizondo menunjuk titik putih. Zidane mengeksekusinya dengan mulus. 1-0 untuk Prancis. Buffon pun gagal melewati rekor Walter Zenga. Italia tersengat dan balik menekan. Materazzi membayar lunas kesalahannya dengan menjebol gawang Fabian Barthez setelah memanfaatkan tendangan sudut Andrea Pirlo di menit ke-19. Setelah itu, Italia mendominasi permainan.

Di 15 menit pertama babak kedua, giliran Les Bleus yang tampil galak. Berkali-kali Zidane, Henry, dan Malouda mengancam gawang Buffon. Tapi pertahanan Italia yang dikoordinir kapten tim Fabio Cannavaro memang sangat tangguh. Setelah Vieira keluar digantikan Alou Diarra, Marcello Lippi menjawabnya dengan memainkan Vincenzo Iaquinta menggantikan Francesco Totti yang tampil buruk, dan Daniele de Rossi menggantikan Simone Perotta. Semenit kemudian, Italia nyaris memperbesar keunggulan. Sundulan Luca Toni memanfaatkan tendangan bebas Pirlo kembali menjebol gawang Barthez. Sayang, hakim garis telah mengangkat bendera pertanda Toni telah berdiri dalam posisi off-side. Setelah itu, pertandingan berjalan rada lambat sampai 90 menit berakhir.

Prancis mampu unggul di babak pertama perpanjangan waktu. Peluang terbaik bagi Les Bleus didapat di menit ke-104. Dari lapangan tengah Zidane berkolarabosi dengan Willy Sagnol di sayap kanan Prancis. Umpan Sagnol mampu dengan baik disundul Zidane namun berhasil ditip keluar oleh Buffon. Menjelang akhir babak pertama, Cannavaro dan Materazzi harus bekerja keras menahan laju Henry.

Di babak kedua perpanjangan waktu, Prancis kehilangan Henry yang cedera. Posisinya diisi Sylvain Wiltord. Tiga menit kemudian, pasukan Raymond Domenech benar-benar terpukul ketika Zidane membuat aksi yang memalukan dan harus keluar lapangan. Meski harus bermain dengan 10 orang, sampai akhir babak kedua perpanjangan, Prancis tetap menyerang. Terbukti dari statistik pertandingan, Les Bleus unggul dari Italia dalam melakukan tendangan (shots)--13 kali berbanding 5 kali--dan tendangan ke gawang (shots on goal) sebanyak 5 kali berbanding 3 kali . Sampai akhirnya penentuan tim mana yang berhak atas trofi FIFA World Cup harus ditentukan lewat adu penalti. Kelima algojo Azzurri yang sukses menendang penalti adalah Pirlo, Materazzi, De Rossi, Del Piero, dan Fabio Grosso.

Susunan Pemain
: Italia: Buffon; Zambrotta (KK), Grosso, Cannavaro, Materazzi; Gattuso, Camoranesi (86-Piero), Pirlo, Perrotta (61-Iaquinta); Totti (61-De Rossi); Toni.
Prancis
: Barthez; Sagnol (KK), Abidal, Thuram, Gallas; Makelele, Vieira (56-Diarra, KK), Malouda (KK), Ribery (100-Trezeguet), Zidane (KK); Henry (107-Wiltord).
Wasit
: Horacioa Elizondo (Argentina)

Friday, July 07, 2006

Bikin Sinetron Yuk!

Ternyata ada cara gampang untuk buat sinetron. Yang utama dari sebuah sinetron adalah judul dan jalan ceritanya. Bagi orang dengan banyak ide, mudah saja untuk membuat cerita sinetron. Terlebih lagi bagi para pengarang, tinggal tuangkan saja ide yang ada ke dalam sebuah cerita. Tapi bagaimana bagi yang cekak ide? Gampang, ikuti tips di bawah ini:

  1. Ambil alur cerita yang mudah dimengerti oleh para penonton
  2. Pasang target usia penonton, bagi penonton usia remaja, tentu berbeda alur ceritanya dengan penonton dewasa
  3. Untuk penonton dari kalangan ibu rumah tangga, cerita mengenai rumah tangga dengan adanya orang ketiga adalah hal yang menarik
  4. Untuk usia remaja, ambil alur cerita seputar si A pacaran dengan si B. Si B hamil, A ogah tanggung jawab
  5. Selalu bikin penonton terpesona dengan rumah mewah si A, mobil Mercedes keluaran terbaru si C
  6. Jauhi alur cerita yang berkisah tentang kemiskinan, tidak akan menyentuh hati penonton. Sudah ada Reality Show seperti “Lunas”, “Rejeki Nomplok”, atau “Pulang Kampung” untuk cerita seperti itu.
  7. Penonton Indonesia itu bodoh, jadi harus jelas mengekspresikan suatu adegan. Contoh, selalu gunakan adegan menangis untuk menunjukan kesedihan, dan gunakan adegan mata melotot serta bentak-bentakan untuk adegan marah
  8. Jangan pusing-pusing dengan judul sinetron, ikuti saja perkembangan musik Indonesia, cari lagu yang lagi ngetop, ambil judul lagu tersebut sebagai judul sinetron
  9. Jadikan lagu tersebut menjadi soundtrack sinetron
    Ambil cerita tentang makhluk gaib seperti jin, ibu peri, tuyul, ataupun barang-barang yang punya kekuatan gaib seperti cincin yang dipakai bisa ngilang atau bajaj yang bisa terbang
  10. Kalau cari peran penjahat, pakaikan kostum jaket kulit dan kacamata hitam bagi bosnya penjahat. Untuk anak buahnya, cari orang botak, brewok, dengan tato di kedua lengannya. Jangan kasih jaket, cukup pakai kaus singlet saja
  11. Munculkan peran polisi selalu hanya di akhir cerita setelah penjahatnya tertangkap atau dijebak oleh tokoh utama. Jangan di awal atau pertengahan cerita, hanya merusak kehebatan tokoh utama saja

Ingin Pulang....


Saat saat seperti ini

pintu t'lah terkunci, lampu t'lah mati

kuingin pulang

'tuk segera berjumpa denganmu

Waktu waktu seperti ini
didalam selimut harapkan mimpi

bayangan pulang

'tuk segera berjumpa denganmu


Kuingin kau tahu, ku bergetar merindukanmu
hingga pagi menjelang....

Sesaat mata terpejam tirai imaji membuka
semakin ku terlelap, s'makin jelas hangat senyuman
tak ingin terjaga sampai aku pulang

Sesaat mata terpejam bintang-bintang menari indah
iringi langkahmu rangkai mimpi yang s'makin dalam
tak ingin terjaga sampai aku pulang....

from: Sheila on 7 (507)

Tuesday, July 04, 2006

Anak Manusia Bernama Superman


Sesuper-supernya Superman ternyata dia manusia juga. Enggak percaya?

Berapa umur Superman sekarang? Kalo dihitung dari pertama kali dia muncul pada tahun 1938, tahun ini sang jagoan genap berusia 68 tahun. Ulang tahunnya jatuh pada bulan Juni ini. Bersamaan dengan dirilisnya serial Action Comics nomor 1 oleh DC Comics, Amerika.

Di ulang tahunnya yang ke-68 ini, Superman mendapat sebuah hadiah manis, sebuah film baru garapan Warner Bros. bertajuk Superman Returns. Dirilis di seluruh dunia tanggal 28 Juni 2006 film ini menggambarkan sisi lain sang manusia super. Dibandingkan film-film lainnya, Superman versi Superman Returns terlihat lebih manusiawi.

Layaknya manusia biasa, putra terakhir Krypton ini punya rasa rindu, cemburu, bahkan "nakal". Jauh dari sosoknya yang biasa terlihat seperti dewa.

Sebenarnya, ini bukanlah pertama kalinya Superman digambarkan mendekati sosok manusia. Beberapa tahun belakangan DC Comics mulai berupaya memanusiakan Superman lewat deretan cerita dalam serial komiknya.

Dalam beberapa episode, Superman digambarkan sebagai sosok yang amat tergantung pada Louis Lane. Jadi, ia nekat mengambil keputusan untuk menikahi kekasihnya itu. Di episode lain Superman yang kabarnya enggak tembus peluru ternyata bisa juga tewas. Bahkan, di serial Identity Crisis, jagoan kita digambarkan sebagai orang yang penuh curiga. Deretan sifat itu mirip seperti kita, manusia biasa.

Superhero

Gambaran yang kita dapat tentang Superman saat ini ternyata berbeda jauh dengan sosok Superman di masa lampau. Dulu Superman digambarkan sebagai sosok yang amat sempurna. Enggak punya masalah dengan kehidupan duniawi, selain cinta.

Selebihnya, Superman adalah dewa. Sosok yang enggak terkalahkan. Pemuda Amerika pujaan yang selalu jadi panutan.

Biar lebih jelas, mari kita lihat rekam jejak (track record) sang Man of Steel. Sejak kemunculannya pada era Golden Age (1938-1957) Superman sudah memperlihatkan keperkasaannya sebagai jagoan tanpa tanding. Selain gape meringkus kejahatan dalam kehidupan sehari-hari, Superman ternyata juga seorang tentara yang andal.

Seorang diri dia mampu menghancurkan pasukan Hitler dan Stalin. Dia juga membantu pasukan Sekutu menghancurkan kekuatan Jepang dan membawa Amerika dan sekutunya memenangi Perang Dunia II.

Kepahlawanan Superman enggak berakhir sampai di situ. Di beberapa edisi Action Comics terbitan tahun 1947 Superman digambarkan punya kemampuan spektakuler. Kembali ke masa lalu dengan memutar balik rotasi Bumi.

Berbekal kemampuan ini Superman sukses berkenalan dengan tokoh-tokoh penting masa lalu. Mulai dari Shakespeare sang penyair, Abraham Lincoln dan George Washington (Presiden Amerika), hingga Julius Caesar dan Cleopatra.

Saat memasuki era Silver Age (1957-1969), kehebatan Superman bertambah. Selain punya kekuatan super luar biasa, Superman memiliki daya tarik tambahan untuk memikat cewek.

Enggak seperti kisah-kisah awal yang selalu difokuskan pada hubungan Clark Kent, Superman, dan Louis Lane (sesekali diseling dengan Lana Lang), pada era ini Superman lebih rajin menebar benih cinta. Tercatat ada beberapa cewek yang sempat dipacarinya. Mulai dari Luma Lynai—superhero cewek dari dimensi lain, Lori Lemaris—sang putri duyung, sampai Lyra Lerrol—bintang film Krypton yang dikenalnya saat melakukan perjalanan menembus waktu ke planet asal.

Pada masa ini Superman pun menjadi semakin kuat. Pasalnya, makin banyak makhluk super yang bersekutu dengannya. Selain Krypto, anjing super yang muncul di era Golden Age, pada masa ini muncul Comet, si kuda super, Superboy, dan Powergirl. Belakangan muncul Supergirl, sepupu Superman yang terdampar pula di planet Bumi.

Popularitas Superman pada masa ini semakin bertambah berkat kesuksesan Superman: The Movie di layar lebar. Dibintangi Christopher Reeve, film ini dianggap mampu melahirkan sosok Superman yang mendekati komiknya. Enggak heran, film ini dianggap sebagai film Superman terbaik sepanjang masa. Yang membuat penonton seluruh dunia tertarik menyimak kisah-kisah komiknya.

Mendekati era Bronze Age (1970-1980), Superman semakin menjadi dewa. Kekuatannya kian enggak tertandingi. Pokoknya, jauh deh dibanding kemampuan kita-kita, manusia biasa. Dan, sosok inilah yang dipertahankan hingga awal ’90-an.

Dimatikan

Entah kenapa, pada era ’90-an penjualan komik Superman anjlok. Seminggunya, komik Superman cuma terjual 100.000 eksemplar. Angka ini jauh menurun dibandingkan angka penjualannya di tahun 1939 yang mencapai 1,25 juta eksemplar. Dibandingkan komik X-Men yang terjual delapan juta kopi per minggu pada saat yang sama, prestasi yang diraih Superman jelas hancur-hancuran.

Hal ini membuat petinggi DC memutar otak. Pasalnya, buat perusahaan komik raksasa itu, Superman adalah ikon. Sejak kelahiran Superman bermunculanlah berbagai superhero lain yang akhirnya mendapat tempat di hati pembaca komik. Uniknya, hampir semua terinspirasi sang putra Krypton.

Berbagai langkah diambil. Semua penulis dan pelukis komik kenamaan dipanggil. Bahkan, mereka enggak ragu-ragu membajak Mike Carlin—penulis kenamaan dari Marvel Comics, yang notabene saingan mereka, untuk ikut memikirkan kelangsungan hidup si manusia baja.

Mau tau, apa kesimpulan yang didapat?

Superman dianggap terlalu hebat. Kekuatan super yang dimilikinya membuat sang superhero kehilangan sisi manusiawi. Sisi yang seharusnya mendekatkan dia dengan pembaca.

"Superman is kind of old fashioned. Enggak kayak karakter hero lain yang muncul (saat itu), dia enggak pernah langsung berurusan dengan kematian. Itu yang menjauhkannya dari para pembaca….," ujar Mike Carlin, eks penulis kenamaan Marvel yang dibajak DC untuk menyelamatkan Superman.

Menurut Carlin dan timnya, diperlukan sebuah gebrakan besar untuk membuat Superman terlihat manusiawi. Satu-satunya jalan adalah "membunuh" Superman.

Gagasan ini jelas membuat petinggi DC terpukul. Namun, apa boleh buat. Risiko besar ini harus dicoba sebelum Superman mati beneran karena komiknya enggak laku.

Bareng timnya, Mike akhirnya merencanakan sebuah skenario besar untuk memanusiakan Superman. Si manusia baja dihadapkan dengan sebuah pertarungan mahadahsyat. Musuhnya adalah Doomsday, alien yang kekuatannya jauh melebihi Superman.

Pertarungannya melawan Doomsday berakhir seri. Keduanya tewas terbunuh. Superhero favorit pembaca komik sedunia harus menemui ajalnya.

Ternyata, peristiwa ini mampu menggugah pembaca komik di seluruh dunia. Gara-gara kematiannya komik Superman laris manis. Angka penjualannya bertahan hingga DC merilis komik-komik lanjutan dengan cerita yang enggak kalah seru. Cerita tentang kebangkitan Superman dan perjuangannya mendapatkan kembali kekuatan untuk kembali berperang membela keadilan.

Ritme ini terus dipertahankan sampai sekarang. Superman yang dulunya superhero sejati, bertransformasi menjadi manusia super yang manusiawi. Yang perlu berjuang untuk mencapai tujuan. Sama seperti kita-kita.

Superman kembali ke khitahnya sebagai anak manusia. Khitah yang sebenarnya sudah dipikirkan jauh-jauh hari oleh dua kreatornya, Jerry Siegel dan Joe Schuster, pada tahun 1938. Saat keduanya memutuskan untuk "menitipkan" putra Jor-El ini kepada pasangan petani Jonathan dan Martha Kent untuk dididik menjadi anak manusia. Bukan menjadi dewa seperti yang pernah diraihnya beberapa tahun silam.

Monday, July 03, 2006

Strategi dua lead singer Ratu dan Dewa 19


Ada yang berbeda dari penampilan Ratu belakangan ini. Tiba-tiba Maia menjadi lead singer menyanyikan lagu Lelaki Buaya Darat. Suara Mulan hanya hadir di bagian reffrain. Begitu juga saat Ratu manggung di beberapa acara musik di televisi, terlihat Maia sesekali maju ke depan meninggalkan kibornya untuk bergabung dengan Mulan. Tidak hanya untuk membawakan lagu Lelaki Buaya Darat tetapi juga Teman Tapi Mesra. Sesuatu yang cukup mengherankan mengingat selama ini Maia betah berada di belakang kibor terus sepanjang manggung meskipun she’s the boss. Jadi, sekarang Ratu punya dua lead singer nih? Ada apa gerangan?

Munculnya Maia sebagai lead singer baru Ratu mendampingi Mulan mengingatkan pada Dewa 19 yang sejak album Laskar Cinta resmi punya lead singer baru selain Once. Secara kebetulan, vokalis utama baru Dewa 19 itu adalah Ahmad Dhani, frontman Dewa 19 yang juga suaminya Maia. Seperti janjian saja :)

Di luar urusan perubahan komposisi honor yang diterima, majunya sang pemimpin band menjadi vokalis utama kedua mengesankan adanya semacam penegasan soal siapa sebenarnya frontman (untuk cewek bisa juga disebut frontress) dalam grup. Kenapa butuh penegasan?

Kebanyakan orang sering menganggap yang namanya frontman atau frontress sebuah grup musik adalah orang yang menempati posisi sebagai lead singer. Padahal tidak selalu demikian. Kalaupun pada kenyataannya bos dari band kebetulan bukanlah si vokalis, para penggemar seperti tidak peduli soal itu. Bisa jadi karena posisi vokalis merupakan pusat perhatian, apalagi jika gaya menyanyi atau jenis suara sang vokalis tergolong sangat khas.

Besarnya pengaruh lead singer bagi sebuah band di mata masyarakat akan semakin terlihat ketika si vokalis cabut dari band. Gak percaya? Lihat saja bagaimana kehebohan yang terjadi jika ada vokalis utama yang keluar atau dikeluarkan dari sebuah band. Bahkan tak jarang kepergian sang vokalis menggoyahkan keberadaan band yang ditinggalkan. Setidaknya jadual rekaman dan manggung akan terganggu jika tidak buru-buru cari vokalis pengganti. Kondisinya akan berbeda jika yang keluar itu adalah personel lain selain vokalis. Biasanya masalah yang timbul tidak terlalu serius. Perhatian masyarakat juga relatif tidak besar.

Hal itu pernah terjadi dalam perjalanan Dewa 19 dan Ratu. Ketika Ari Lasso dipecat dari Dewa 19, mau diakui secara resmi atau tidak, kejadian itu konon sempat membuat penggemar band tersebut terpecah antara fans Ari Lasso dan fans Dewa 19. Rupanya Dewa 19 terlanjur identik dengan Ari Lasso. Padahal ketika Wawan (drummer) dan Erwin (bass) keluar (atau dikeluarkan?), para penggemar seperti tidak terlalu mempermasalahkannya. Kehebohan juga terjadi ketika Pinkan Mambo mengundurkan diri sebagai vokalis Ratu. Selama belum menemukan vokalis baru, Maia sempat ngajak salah satu jebolan AFI (Akademi Fantasi Indosiar) menjadi vokalis sementara Ratu saat harus memenuhi jadual manggung.

Mungkin untuk meredam masalah yang datang bila terjadi lagi kejadian serupa itulah yang membuat Maia dan Dhani menerapkan strategi dua vokalis utama, sekaligus menegaskan bahwa yang namanya frontman atau frontress memang posisinya di depan :) Siapa menyusul?

Harta

Kadang-kadang terasa aneh. Kenapa kadang kita terlalu larut dengan permainan? Benda-benda di bumi dari dulu ada. Sebelum aye lahir sudah ada. Nanti setelah aye mati tetap ada. Sampai nanti hancur semua. Lalu kenapa aye terlalu ambil pusing dengan benda-benda yang lalu lalang disekitar aye. Kenapa ampe puyeng-puyeng saat benda mampir, atau menjauh dari jangkauan tangan? Toh tidak ada bedanya. Kata 'milikku' itu semu. Sebab entu semua hanya numpang lewat saja.

Yang benar-benar bikin efek adalah makanan yang kita kunyah, masuk ke pencernaan, jadi tenaga atau keluar lagi setelah diolah. Serta lembar pakaian yang saat ini menempel di badan kita. Kata nabi, itulah harta kita yang sebenarnya. Selain itu numpang lewat aja. Jadi jangan terlalu diambil hati. Itu adalah sampah yang mengganggu penglihatan hehehe...