TwitterTwitter FacebookFacebook FlickrFlickr RSSRSS

Monday, August 14, 2006

17 Agustus, beberapa tahun yg lalu....

"17 Agustus tahun 45, itulah hari kemerdekaan kita........", itu sedikit lirik dari lagu kebangsaan yang dulu sering banget gw nyanyiin klo lagi upacara bendera pas tanggal 17 Agustus.. Itu sedikit banyak dari yg rutin biasa kita 'lakuin' sebagai murid pada saat itu, dan sebagai bukti cinta tanah air kita (cciee..). Kadang ada juga yang 'ngerayain'nya dengan cara mengadakan lomba-lomba yang ammpunn...?!! Heboh banget..!!
Gw punya cerita sedikit, tentang masa kecil gw, klo lagi ngerayain 17-an di lingkungan rumah.. Gw paling gak berani ngikut lomba-lomba gitu, aneh ya...?! Gak tau kenapa.. Malu aja! Sedangkan anak-anak yg laen justru sebaliknya. Mereka sangat antusias buat ngikutin tiap lomba yg ada. Kalo perlu tiap lomba yg dimaenin, namanya terdaftar sama panitia. Apa masa kecil gw bisa dibilang kurang bahagia?? Menurut gw gak juga.. Biasa aja.. Gw justru lebih seneng jadi penonton yang jadi penyemangat anak-anak laen yg sedang berlomba.. Tapi yg kagetnya, lagi asik-asiknya nonton gitu, tiba-tiba nama gw dipanggil sama panitia buat ngikutin salah satu lomba.. Busseett!! Siapa ya..yg ngedaftarin gw..?? Akhirnya dengan sangat terpaksa, dan tampil sebagai penggembira, gw ikutan jg...dan alhasil.......gw gak dapet apa-apa... (capek, deh..?!!)
Dulu di komplek tempat tinggal gw, hampir di tiap RT pasti ngadain lomba-lomba kyk gitu klo udah menjelang 17-an.. Lombanya sih macem-macem... Ada yg biasa, ada yg luar biasa, malah ada yg aneh... Seinget gw, yg jadi lomba wajib tiap RT itu, lomba balap karung sama lomba makan kerupuk (sayang, gak pake nasi sama lauk-lauknya..). Biasanya lomba di'ada'in sampe sore, trus malemnya ada acara buat bapak-bapak plus ibu-ibu buat berkaraoke ria (nyanyi-nyanyi gitu...), abis itu penutupan yang diikuti dengan penyerahan hadiah 17-an..
Tapi, sekarang..gw gak tau, apa tradisi ini masih berjalan juga... Soalnya, sekarang..di komplek udah pada sepi...udah banyak pegawainya yg pensiun dan pindah alias cabut dari komplek...
Masih ada gak ya..????