TwitterTwitter FacebookFacebook FlickrFlickr RSSRSS

Wednesday, August 29, 2007

Forza Juventus ..


Turin - Juventus menandai comeback-nya ke Seri A dengan pesta gol atas Livorno. David Trezeguet mencetak hat-trick, melengkapi kemenangan 5-1 Juve.

I Bianconeri mampu memuaskan para pendukungnya di Stadio Olimpico Grande Torino, Minggu (26/8/2007) dinihari WIB. Kemenangan besar langsung dipersembahkan oleh Alessandro Del Piero dan kawan-kawan mewarnai kembalinya "Si Nyonya Tua" ke Seri A. Hasil ini juga menjadi awal yang baik bagi langkah pelatih Claudio Ranieri. Ia pun patut berterima kasih kepada Trezeguet yang mencetak tiga gol.

Di awal pertandingan, kedua tim sama-sama masih mencoba mencari celah serangan. Sebuah usaha Juve lewat tendangan kaki kiri Antonio Nocerino dari luar kotak penalti, namun masih dapat digagalkan kiper Marco Amelia.

Sedangkan ancaman dari Livorno lewat Massimo Loviso di menit ke-11 dapat dipatahkan kiper Gianluigi Buffon. Sementara dua peluang Juve lewat Sergio Almiron dan Cristiano Zanetti masih melenceng dari target. Serangan Juve cukup bervariasi. Di menit ke-25 sebuah peluang dimiliki Trezeguet setelah mendapatkan umpan dari Nedved. Namun tendangan striker Prancis ini mengenai kaki kiper Amelia dan bola melambung di atas gawang.

Meski demikian usaha para pemain Juve akhirnya membuahkan hasil. Trezeguet membuka kemenangan Juve lewat tandukan kepalanya, menyambut umpan silang Del Piero. Tekanan masih terus dilakukan Juve. Sebuah usaha Zanetti lewat tendangan keras masih lewat di atas mistar gawang Livorno. Sementara tendangan bebas Nedved dari jarak 26 meter dapat digagalkan Amelia di menit ke-36.

Di babak kedua Juve masih terus menekan. Serangan bervariasi yang dilakukan oleh Del Piero cs belum juga membuahkan hasil. Pelatih Ranieri akhirnya menarik Del Piero dan memasukkan Vincenzo Iaquinta di menit ke-60.
Masuknya eks penyerang Udinese ini semakin mempertajam lini depan. Pada menit ke-72, Iaquinta memperbesar kemenangan Juve dari titik putih. Hadiah penalti ini diberikan setelah bek Livorno Alessandro Grandoni menjatuhkan Iaquinta. Di menit ke-85, tendangan keras Nedved mengenai kaki Iaquinta namun bola meluncur mulus ke dalam gawang Livorno.

Hanya berselang satu menit, Trezeguet menambah satu gol lagi lewat tembakan keras kaki kirinya
Tak salah jika striker Prancis ini dijuluki Trezegol. Menjelang akhir pertandingan, ia mencetak hat-trick dengan tumit belakangnya menyusul serangan yang dibangun Nedved. Meski demikian Livorno mendapatkan gol hiburan tidak beberapa lama sebelum wasit meniupkan peluit panjang. Gol tersebut dicetak oleh Massimo Loviso dari jarak jauh.

Susunan Pemain:
Juventus: Buffon; Salihamidzic (Zebina 73), Andrade, Criscito, Chiellini; Nocerino, Zanetti, Almiron (Tiago 79), Nedved; Del Piero (Iaquinta 60), Trezeguet

Livorno: Amelia; Grandoni, Knezevic, Galante, Pasquale; A Filippini, Loviso, Pulzetti, E Filippini (Volpe 56); Rossini (Diamanti 73), Tavano (Tristan 53)